Kamis, 02 Februari 2012

Mencegah Sakit Maag

PENYEBAB-PENYEBAB
DAN CARA MENCEGAH MAAG.


   Saya ingin share tentang penyakit ini karena saya sering sekali mengidap maag, ini udah jadi salah satu faktor paling sering bikin saya ngga masuk sekolah . Dan kalau boleh cerita rasanya sungguh, amat sangat menderita. biasanya kalau udah kambuh lagi maag nya, saya pasti ngelakuin 'shrimp pose' yaitu meringkuk kayak udang sambil nahan sakit perut..
   Jadi saya pengeen sekali kalian-kalian para pembaca agar tidak merasakan sakit yang saya alami ini. Dan supaya saya juga ngga terus2an ngalamin penderitaan ini -___-"


5 Cara Mencegah Terjadinya Maag :

  1. Biasakanlah mengkonsumsi pola makan yang sehat. Yaitu, makan pada waktunya, dan jangan biarkan perut kosong dalam jangka yang panjang
  2. Hindari makanan yang dapat mengiritasi lambung seperti, pedas, asam, alkohol, rokok dan aspirin.
  3. Mengkonsumsi makanan yang lunak dan lembut.
  4. Makanlah walaupun hanya sedikit tetapi sering.
  5. Perbaiki gaya hidup dengan cara mempertahankan berat badan, istirahat yang cukup dan olahraga secara teratur
Maag juga dapat terjadi akibat adanya radang lambung. Pada umumnya radang lambung dapat disebabkan oleh faktor-faktor berikut ini :

* Terlalu banyak makanan yang mengiritasi lambung, seperti yang pedas, asam, minuman beralkohol,
* obat-obatan seperti aspirin (dosis tinggi), kortison, kafein, kortikosteroid.
* adanya stress dan tekanan emosional yang berlebihan pada seseorang.
* Adanya asam lambung yang berlebihan.
* Waktu makan yang tidak teratur, sering terlambat makan, atau makan berlebihan
* Tertelannya substansi/zat yang korosif, seperti alkali, asam kuat, cairan pembersih kimiawi, dan lain-lain.
* Infeksi bakteri

Gejala dari penyakit radang lambung umumnya, yaitu :

* Mual dan sering muntah agak asam. Pada kondisi berat lambung mungkin dapat mengelupas sehingga mengakibatkan muntah darah
* perut terasa nyeri, pedih, kembung dan sesak (sebah) pada bagian atas perut.
* Napsu makan menurun drastis, wajah pucat, keringat dingin, pusing.
* Sering sendawa terutama bila dalam keadaan lapar
* Sulit tidur karena gangguan rasa sakit pada daerah perut sebelah atas (ulu hati).

Pada radang lambung kronis gejala yang ditunjukan lebih ringan, seringkali gejala menjadi samar, seperti tidak toleran terhadap makanan pedas atau berlemak atau nyeri ringan yang akan hilang setelah makan. karena itu kita harus lebih hati-hati..

Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah radang lambung, antara lain :

* konsumsi makanan yang lunak/lembut.
* Hindari makanan yang mengiritasi lambung, seperti pedas, asam, alkohol, kafein, rokok, dan aspirin.
* jangan terlambat makan atau makan berlebihan,
* makan sedikit-sedikit tapi sering
* Usahakan buang air besar secara teratur

Nah, setelah saya baca sendiri artikel yang diatas itu, akhirnya saya sadar.. Kalau saya sendiri yang biasanya mendatangkan penyakit maag itu. Apa yang udah dikasih tau di artikel itu baiknya saya terapin mulai sekarang.. Biar ngga bolos-bolos lagi gitu T-T

1 komentar:

  1. Sakit Maag hanya untuk orang lemah...He...he..he. Padahal ak sendiri mudah terserang Maag???

    BalasHapus